Pengalaman Tes PT. Pembangkitan Jawa Bali

03.14


Halo lagi, Assalamualaikum Wr. Wb kawan-kawan ku semua terutama yang masih jobless haha.
Kali ini saya mau sharing pengalaman mengikuti TES di PT. Pembangkitan Jawa Bali yang dilaksanakan pada bulan Februari 2016. Tes dilakukan di tiga tempat yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya.

Seleksi Administrasi
Sebelumnya, saya sudah melakukan pendaftaran terlebih dahulu di web rekruitasi PT. PJB pada bulan Januari , gugel aja web nya pasti ketemu. PJB cukup niat dalam melakukan rekruitmen ketimbang beberapa perusahaan lainnya, hal ini terlihat dari cepat dan tanggapnya penanganan setelah peserta melakukan registrasi awal. Pun demikian dengan web sistem pendaftarannya yang menurut saya berbeda dan lebih efisien dari pada web rekrutmen perusahaan lain. Dan berkas-berkas yang diminta cukup banyak sampe capek nge-upload. Yah mulai dari ijazah, foto berwarna, sertifikat toefl / toeic, transkrip, dll. Setelah selesai upload semuanya, PJB melakukan seleksi terhadap berkas tersebut dan jika anda lolos maka anda akan di undang melalui sms dan web untuk mengikuti tes Akademik dan Bahasa Inggris.

Tes Akademik Dan Bahasa Inggris
 Yup, saya lolos seleksi administrasi dan diundang untuk mengikuti tes di DBL Arena Surabaya. Sepertinya lokasi tes disesuaikan dengan tempat lahir anda, karena ada teman saya yang tinggal di Kota Malang tapi tes di Jakarta karena dia lahir di Jakarta. Saya cukup takjub melihat jumlah peserta yang mengikuti tes di seluruh Indonesia waktu itu, jika ditotal maka jumlahnya adalah sekitar 8400 peserta.
Jika anda ingin lolos tes Akademik dan Bahasa Inggris, saran saya anda belajar materi pada saat anda kuliah, mulai semester satu hingga semester delapan. Karena soal yang keluar adalah materi-materi perkuliahan sesuai jurusan anda. Contoh nih, karena saya jurusan Informatika maka soal yang keluar adalah Coding C, Jaringan Komputer, Teknik Digital, dsb. Sedangkan soal bahasa Inggrisnya sih seperti TOEIC, bahkan lebih mudah. Soal ada 100 buah, 50 soal akademik dan 50 soal english. Waktu yang diberikan adalah ...ehmmm saya lupa, sepertinya 120 menit an. Atau mungkin kurang dari itu hehe

Tes Psikologi
Alhamdulillah saya lolos tes akademik dan english, padahal waktu itu banyak yang gak saya isi, dan gobloknya lagi, sebenernya dijawab ngawur pun juga gak apa-apa karena tidak ada pengurangan nilai. Well, yang lalu biarlah berlalu hahaha, nah tes psikologi ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu tes psikologi tertulis, wawancara, dan FGD (Focus Group Discussion). Bagian pertama adalah tes psikologi tertulis, anda akan diberikan LJK untuk menjawab pertanyaan intelegensi dengan waktu yang sangat cepat, saran saya perhatikan instruksi dari pengawasnya. Tesnya kurang lebih seperti menentukan pola gambar, mencari titik didalam gambar, dll, dan ini sulit menurut saya. Kemudian tes yang kedua adalah tes Krepelin..tau kan ya? yang menjumlahkan angka ke atas itu lhoo, kuncinya jujur aja jangan mengakali keseimbangannya. Tes tertulis berikutnya adalah tes warteg (klo gk tau gugel aja), sama tes menggambar pohon dan menggambar orang. Kalo ente udh sering ikut rekrutmen mah cemen ini. Oh ya tes tertulis yang terakhir anda jg akan diberi LJK utk menjawab soal-soal kepribadian, ini mah cap cip cup..tinggal isi aja yang sesuai dengan anda.

Keesokan harinya, kami diundang lagi untuk melakukan tes psikologi lanjutan yaitu FGD dan wawancara, waktu itu ruangan sudah disetting dengan kursi-kursi yang sudah membentuk kelompok-kelompok (asesor), dan setiap kelompok sudah ada pengawasnya masing-masing. Satu kelompok terdiri dari 5-6 orang, FGD pun dimulai.. kami disodorin kasus tentang proyek PLN 35.000 MW, kami diminta untuk memberikan pendapat / solusi agar proyek 35.000 terlaksana dengan baik. Menurut saya yang dinilai disini adalah kekompakan tim, sikap anda dalam diskusi, dan manajemen waktu anda dalam memberikan pendapat. Kenapa demikian? ya karena pengawasnya adalah orang psikologi, gk mungkin mereka paham sistem kelistrikan, make a sense kan? ;). Setelah FGD selesai kami dipersilahkan meninggalkan kursi kelompok dan menunggu giliran untuk wawancara. Pada saat wawancara hal yang ditanyakan lebih ke kepribadian kita, seperti ceritakan tentang diri anda, kelemahan / kelebihan, cita-cita, dll. Kalo ente udh sering ikut tes mah cemen beginian ini..

Tes Kesehatan
Sempet kaget juga bisa lolos sampe tahap ini, karena temen-temen saya dari Universitas Brawijaya pada gak lolos semua dan menyisakan saya, padahal ya mereka saya rasa cukup pinter-pinter dan rajin juga orangnya. Dan pada tahap ini jumlah peserta se-indonesia yang awalnya 8400 di cut menjadi 1010..gila nggak tuh? Ah Entahlah.

Well, ditahap ini tidak ada yang bisa di pelajari, semuanya bergantung pada kondisi fisik dan kesehatan anda semua. Tes dilakukan di lab Biotest di Surabaya, dan ada jg yang di jakarta. Pada tes ini anda akan :

- Puasa selama 10 jam
- Tes Darah (banyak banget coi, seukuran 4 sloki yang di ambil)
- Tes Urin, ada yang jagain pas ente pipis..tp tenang, gak sampe dipegangin kok wkwk
- Tes Mata
- Tes tinggi badan dan BB
- Tes EKG
- Tes Keseimbangan badan, (ente musti latihan dulu.)
- Tes Audiometri
- Tes rontgen thorax
- Tes Fisik oleh dokter

Setidaknya ente selesaikan dlu tes darah sama urin, habis gitu anda bisa makan dulu dan lanjut ke tes yang lain. Oh ya, di awal anda akan dimintai form tentang riwayat penyakit yang pernah anda derita. Untuk yang perokok, mending jujur aja jangan bohong. 

Tes Wawancara Akhir
-




tag:
Tes PT. Pembangkitan Jawa Bali, Tes PT.PJB, tes PJB, psikotest PJB, psikotes PJB, tes kesehatan PJB, psikotes pembangkitan jawa bali, tes kesehatan pembangkitan jawa bali

Share this :

Previous
Next Post »
25 Komentar
avatar

tes IT nya penuh dengan dasar-dasar ilmu informatika, mulai dari jaringan komputer hingga algoritma pemrograman. Ada juga pertanyaan dasar mengenai teknologi terkini seperti jenis wirelles terbaru spt 802.11 ac dll.

Balas
avatar

Waaah,sangat membantu nih share pengalamannya. Thanks Om!
Kalo ngelamar di PJB yang udah nikah boleh ikutan ga?

Balas
avatar

Maaf mau tanya, kan pas upload2 lampiran pas daftar online, ada dokkumen yang wajib dan ada dokumen yang bisa nyusul. yang bisa nyusul itu apa berarti gak papa gak diupload pas daftar online n bisa dibawa pas tes bahasa inggris? yang bisa nyusul itu surat keterangan berbadan sehat, kartu keluarga, dan SKCK. makasih.

Balas
avatar

sbb, ikuti saja kebijakannya bagaimana.

Kalau dari pihak PJB tidak mewajibkan mengupload dokumen dengan segera / boleh disusulkan ya berarti tidak apa-apa.
Sudah menghubungi panitia?

Balas
avatar

Bantu sedikit,kalo yang freshgraduate belum boleh menikah

Balas
avatar

Bata minum mata minus berapa ya pak?

Balas
avatar

Malam mau tanya, ada tes pauli atau kreplinya ga?
terima kasih

Balas
avatar

Terimakasih ya kak..
informasinya sangat membantu :)

Balas
avatar

kurang tau pasti, tapi temen saya sih minus 4 ada yang lolos..yang jelas waktu tes lancar aja jawabnya.

Balas
avatar

Gan test akademiknya ada soal fisika dan matematikanya gak?

Balas
avatar

Mas terima kasih infonya..utk tes mata apakah dibolehkan memakai kacamata dalam proses pembacaannya?
Pakai tes apa ya?

Makasih mas udah share hal berguna..

Balas
avatar

gan, agan sendiri sudah menjadi bagian di PT.PJB atau engga gan?

Balas
avatar

saya agak lupa, yang jelas kalau minus ditanya terlebih dahulu. Dan sepertinya diberi kacamata khusus..sepertinya, harap maklum.

Balas
avatar

saya gagal di tes kesehatan PT. PJB,, tapi saya lolos di rekrutmen bapaknya PJB alias saya lolos rekrutmen PLN, dan skr saya bekerja utk PT PLN (Persero)

Balas
avatar

berarti ga boleh pakai kacamata sendiri ya?

saya cukup tinggi minusnya

Balas
avatar

Mas Prima, boleh tanya kasus yg disodorkan waktu FGD itu dikasih permisalan/kondisi yg jadi bahan diskusi nggak?
Terimakasih banyak

Balas
avatar

Gagal di tes kesehatan itu maksudnya gimana? apakah agan punya penyakit serius atau daftar riwayat penyakit? atau waktu tes terdapat kelemahan atau kendala buat agan..?? terimakasih

Balas
avatar

saya rasa penjelasan saya sudah cukup padat jika anda membaca tulisan saya.

Balas
avatar

gagal di tes kesehatan ya gagal alias tidak lolos untuk melanjutkan tes wawancara.
Saya tidak memiliki riwayat penyakit, waktu tes saya lancar-lancar aja.

Balas
avatar

Wah susah juga ya..?? berarti kriteria penilaiannya seperti apa yg lolos tes kesehatan yg dibutuhkan tidak tau (anggap semua peserta lancar semua tes kesehatan)

Btw Tes fisik diapain gan..??

Balas
avatar

Ass,wr,wt saya atas Ibu salmah sangat berterima kasih banyak kepada AKI SOLEH atas bantuan pesugihan dana ghaib, kini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok AKI SOLEH itu semuanya benar benar terbukti nyata dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha kami dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekarang sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan AKI,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses seperti ini, dan kami sekeluarga tak lupah mengucapkan banyak berterima kasih kepada AKI,,bagi anda yang ingin dibantu sama AKI SOLEH silahkan hubungi di 082 313 336 747 insya allah AKI akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan putih tanpa resiko apapun
Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
No WA Aki : 082313336747

Balas
avatar

F4n583771nG | Ayo Joint.... ditunggu ya :) silahkan di add
WA kami @ +855 963 156 245
line @ fansbetting
wechat @ fansbetting3
bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔