Apa itu OpenFlow Network atau Software Defined Network (SDN)?

23.39
Software Defined Network (SDN) adalah sebuah arsitektur jaringan terpusat yang memisahkan logical dari perangkat jaringan ke sebuah entitas yang disebut dengan kontroler. Mungkin teman-teman masih bingung apa sih maksudnya logical itu?

Gambar 1. Traditional Network VS SDN Architecture

Oke jadi begini, seperti yang terlihat pada gambar 1, di dalam sebuah perangkat jaringan seperti router dan switch terdapat dua bagian yang disebut dengan control plane dan data plane / forwarding plane. Control plane berfungsi untuk menjalankan logical dari sebuah perangkat, contohnya routing table dan algoritma routing. Sedangkan data plane merupakan bagian yang berfungsi untuk memforward paket data melalui port-port interface dalam perangkat jaringan (port in / port out). Pada perangkat jaringan yang sedang eksis saat ini (ex: cisco router, cisco catalyst switch, mikrotik router board, dll.) control plane dan data plane ditanam pada perangkat jaringan. Contohnya misalkan kita menggunakan router Cisco, maka kita harus mengkonfigurasi protokol routing pada router tersebut, kita harus menanam tabel routing ke router tersebut, dan ketika kita akan menambahkan tabel routing, maka kita harus meng-console ulang router tersebut. Sedangkan pada arsitektur SDN tabel routing dan algoritma routingnya dipisahkan ke dalam satu entitas / satu server tersendiri yang bernama kontroler.

Nah sekarang sudah cukup jelas kan? Lantas kenapa sih kok menggunakan SDN / openFlow Network ini?

Arsitektur jaringan tradisional saat ini kompleksitasnya semakin lama semakin tinggi. Contohnya pada arstitektur jaringan yang menggunakan OSPF seperti pada gambar 2 dibawah ini

 gambar 2. topologi jaringan OSPF

jika kita akan menambahkan router baru pada area 1, maka router-router yang lama akan menginformasikan ke router-router tetangganya bahwa terdapat anggota baru didalam jaringan mereka. Pertukaran informasi antar router tersebut akan semakin komplek jika pertumbuhan jaringannya semakin besar. Oleh karena itu SDN diciptakan untuk mengatasi kompleksitas-kompleksitas yang terjadi pada arsitektur jaringan tradisional. 

Sehingga dapat disimpulkan bahwa alasan diciptakannya SDN adalah untuk inovasi dan juga beberapa hal berikut:
1. Virtualisasi dan Cloud: Komponen dan entitas jaringan hybrid - antara fisik bare metal dan yg virtual
2. Orchestration dan Scalability: Kemampuan untuk mengatur dan mengelola ribuan perangkat melalui sebuah point of management
3. Programmability dan Automation: Kemampuan untuk mengubah behaviour (perilaku) jaringan serta untuk dapat melakukan perubahan terebut secara otomatis (sebagai contoh adalah kemampuan troubleshooting, perubahan policy dan lain-lain)
4. Visibility: Kemampuan untuk dapat memonitor jaringan, baik dari sisi sumber daya, konektivitas dan lain-lain.
5. Kinerja: Kemampuan untuk memaksimalkan penggunaan perangkat jaringan, misalnya optimasi bandwidth, load balancing, traffic engineering dan lain-lain (berhubungan dengan Programmability dan Scalability)

Lantas apa yang dimaksud dengan openFlow? Banyak orang memiliki persepsi yang salah mengenai openFlow. Banyak yang menganggap openFlow sama artinya dengan SDN, padahal tidak. OpenFlow merupakan protokol yang digunakan oleh Kontroler SDN untuk berkomunikasi dengan infrastuktur jaringannya. Seperti yang ditunjukkan pada gambar 1, Sebuah kontroler melakukan komunikasi dengan perangkat-perangkat jaringan yang ada dibawahnya dengan menggunakan protokol openFlow. OpenFlow merupakan protokol standar terbuka yang menggunakan port 6633. Versi terakhir openFlow saat ini adalah 1.3.

Kemudian berbicara mengenai openFlow Network / SDN pasti akan menyinggung masalah pemilihan kontroler. Kontroler merupakan bagian yang sangat vital pada arsitektur SDN. Karena kontroler lah yang akan mendefinisikan jaringan, mengatur masalah availability, laju traffic data, routing & forwarding dll. Kontroler lah yang meng-handle seluruh infrastuktur jaringan yang ada dibawahnya. 

Kontroler sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan jaringan. Banyak vendor-vendor yang telah menciptakan kontroler. Kontroler-kontroler tersebut diantaranya:
1. POX
2. NOX
3. Floodlight
4. Pyretic
5. Beacon
6. Ryu
7. OpenDay Light
8. dan lain sebagainya.

Kontroler-kontroler tersebut memiliki basis bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan C++, Python, hingga Java.

Lantas bagaimana cara memilih kontroler yang baik? 

-bersambung-
 

 

Share this :

Previous
Next Post »
9 Komentar
avatar

Ka.. mohon beri info dong. Buku rujukan untuk sdn apa ya ka ? Butuh banget ka.. terimakasih. Semoga bisa membantu saya

Balas
avatar

saya biasanya baca jurnal di IEEE xplore mas, search aja SDN..

Balas
avatar

mas admin, kalo IEEE xplore ni kan gak semua dapat akses..melihat isi artikelnya gmna mas?

Balas
avatar

kalo saya pake koneksi kampus mas, biasanya internet kampus / pendidikan itu sudah punya akses penuh ke IEEE.., trims

Balas
avatar

setiap paper jurnal/conference punya kode DOI, lalu tinggal copy dan paste ke sci-hub.cc

Balas
avatar

Ass,wr,wt saya atas Ibu salmah sangat berterima kasih banyak kepada AKI SOLEH atas bantuan pesugihan dana ghaib, kini kehidupan saya sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok AKI SOLEH itu semuanya benar benar terbukti nyata dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha kami dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekarang sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan AKI,saya tidak pernah menyangka kalau saya bisa sesukses seperti ini, dan kami sekeluarga tak lupah mengucapkan banyak berterima kasih kepada AKI,,bagi anda yang ingin dibantu sama AKI SOLEH silahkan hubungi di 082 313 336 747 insya allah AKI akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan putih tanpa resiko apapun
Atau Chat/Tlpn di WhatsApp (WA)
No WA Aki : 082313336747

Balas
avatar

Makasih ilmunyaa, bermanfaat (y)

Balas
avatar

ehh ternyata mas e wong malang ta, bhha dan kerja di kalsel, lah ketuker kita mas, sedangkan aku wong kalsel kuliah dimalang, bhha dan pegennya kerja di pulau jawa sih :D, mas share" ilmu dong, siapa tau pengen ta susul ke banjar sana :D

Balas
avatar

F4n583771nG | Ayo Joint.... ditunggu ya :) silahkan di add
WA kami @ +855 963 156 245
line @ fansbetting
wechat @ fansbetting3
bersama dengan kami CS fansbetting thankyou,,,

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔